Bunga Wijaya Kusuma

22052009190

Wijaya kusuma

(Epiphyllum anguliger)

Familia :
Cactaceae

Uraian :
Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) termasuk jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Jenis kaktus terdapat sekitar 1.500 jenis (famili). Tanaman kaktus dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis. Demikian juga tanaman wijayakusuma. Bunga wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja dan tidak semua tanaman wijayakusuma dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Pada umumnya tanaman jenis kaktus sukar untuk ditentukan morfologinya, tetapi wijayakusuma dapat dilihat dengan jelas mana bagian daun dan mana bagian batangnya, setelah tanaman ini berumur tua. Batang pohon wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, lain halnya dengan kaktus-kaktus pada umumnya. Pada setiap tepian daun wijayakusuma terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga . Wijayakusuma dapat tumbuh baik ditempat yang tidak terlalu panas.

Nama Lokal :
Wijayakusuma (Indonesia);

About these ads

3 thoughts on “Bunga Wijaya Kusuma

  1. Bunga Wijaya Kusuma
    Mengingatkan masa kecilku, rumah lama ku, tanah kelahiranku dan hampir 25 tahun belum ketemu lagi dengan Wijaya Kusuma namun kata Wijaya selalu menempel dan terngiang ngiang di telinga setiap hari sejak 1995 sapai sekarang, sebab nama anakku yang lahir di tahun tersebut mengandung kata Wijaya, nama lengkapnya adalah Richard Wijaya

    • hanya satu ungkapan untuk bunga wijaya kusuma, “luar biasa” begitu indahnya juga wanginya tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. aq sangat mengaguminya , aq punya bunganya dan setiap berbunga aq suka menungguinya hingga mekar penuh, cuma sayang bunga yang begitu indah hanya sekejab dapat dinikmatinya.andai saja bisa bertahan lama…waaoo..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s