Sirsak dan Manfaatnya

Sirsak (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, AmerikaTengah danAmerika Selatan.  Pohonnya rendah, di Brazil dinamai “Graviola”, ‘corossol/cachiman epincux’ (Perancis), ‘saucrapfel’ (Jerman), Guanabana/zapote agrio (Spanyol), thu-rian-rhaek (Thailand), seetha (Tamil), guayabano (Filipina), ciguofan lizhi (Cina), togebanreishi (Jepang), dan seremania (Fiji), bahasa Inggrisnya “Soursop” yang artinya manis asam. Di Indonesia, ya buah “Sirsak” karena berasal dari bahasa Belanda ‘Zuurzak‘ yang berarti kantong asam,

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter.  Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Sirsak tumbuh baik di seluruh Indonesia, dari dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Sayang hampir dari sebagian kita yang tidak tahu manfaat ajaib dari daun tanaman sirsak ini.

Buahnya agak besar, kulitnya berduri lunak, daging buah berwarna putih, rasanya manis2 kecut/asam. Salah satu perusahaan obat terbesar di Amerika dengan omzet milyaran dollar melakukan riset luar biasa pada pohon Graviola yang tumbuh di hutan Amazon ini. Ternyata beberapa bagian dari pohon ini : kulit kayu,akar, daun, daging buah dan bijinya, selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian di Amerika Selatan untuk menyembuhkan : sakit jantung, asma, masalah liver (hati) dan rematik. Dengan bukti2 ilmiah yang minim, perusahaan mengucurkan Dana dan Sumber Daya Manusia yang sangatt besar guna melakukan riset dan aneka tes.

Sejak 1976, Graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang dilakukan oleh 20 Laboratorium mandiri yang berbeda. The National Cancer Institute mulai melakukan riset ilmiah yang pertama pada tahun 1976. Hasilnya membuktikan bahwa daun dan batang kayu Graviola mampu menyerang dan menghancurkan sel-sel jahat kanker. Sayangnya hasil ini hanya untuk keperluan internal dan tidak dipublikasikan.

Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah: Graviola bisa menyeleksi memillih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh/terganggu. Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel-sel reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh Terapi Kemo, sehingga timbul efek negatif: rasa mual dan rambut rontok.

Sebuah studi di Purdue University membuktikan bahwa daun Graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: Prostat, Pankreas, dan paru-paru. Mengutip dari Prof Dr Made Astawan, Dosen Departemen Teknologi Pangan dan Gizi IPB bahwa Sirsak memiliki banyak manfaat. Di dalamnya terkandung zat-zat yang mampu menangkal penyakit asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan juga bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya selain itu adalah juga meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan.

Khasiat sirsak sebagai obat terapi untuk kanker akhir-akhir ini semakin banyak dibicarakan orang. Bagaimana tidak? Buah sirsak yang begitu mudah ditemukan dan murah ini mampu mengobati kanker yang selama ini dikenal sebagai penyakit yang mematikan. Dan yang lebih luar biasa adalah kemampuan zat anti kanker yang terkandung dalam buah sirsak mampu membunuh sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi yang selama ini sebagai senjata pamungkas untuk mengobati penderita kanker.

Bukan itu saja yang membuat khasiat sirsak begitu luar biasa jika dibandingkan dengan kemoterapi, zat anti kanker dalam sari buah sirsak mampu memilih hanya akan membunuh sel kanker saja dan membiarkan sel sehat tetap hidup. Hal ini sangat berlawanan dengan efek kemoterapi yang akan merusak baik sel kanker maupun sel yang masih sehat sehingga tak jarang menimbulkan efek samping yang cukup berat  seperti rambut rontok, mual, berat badan yang terus menurun dll  .

Khasiat zat anti kanker yang terkandung dalam Sirsak mampu membunuh 12 type sel kanker, antara lain : Kanker Usus Besar, Kanker Payudara, Kanker Paru-paru dan Pankreas dan kanker serviks.  Di Indonesia , kasus Kanker serviks  terjadi sebanyak 15.000 kasus per tahun dan 8.000 diantaranya berakhir dengan kematian. Inilah mengapa kanker serviks selama ini menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita.

Referensi :

About these ads

Satu gagasan untuk “Sirsak dan Manfaatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s