Manfaat Coklat

Coklat digemari banyak orang, mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Mungkin ada diantara kita yang menganggap bahwa coklat itu dapat membuat badan menjadi lebih gemuk, dan menambah lemak. Padahal jika kita tahu, sebenarnya coklat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Para peneliti coklat menemukan banyak hal yang sangat bermanfaat dari cokelat untuk kesehatan.

Mengapa Cokelat Kaya Manfaat?

1. Karena cokelat mengandung senyawa Flavonoids
Cokelat terbuat dari biji cocoa yang kaya akan senyawa beraroma bernama flavonoids, yang juga terdapat di daun teh, kebanyakan buah-buahan dan sayur-sayuran. Sampai saat ini, lebih dari 4000 macam flavonoidyang telah diidentifikasikan. Tumbuh-tumbuhan mensintesis senyawa yang dapat larut dalam air ini dari asam amino phenylalanine dan asetat. Flavonoids berperan sebagai antioksida, menetralkan efek-efek buruk dari radikal bebas yang dapat menghancurkan sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh. Satu setengah ons batang cokelat hitam kira-kira memiliki 800 miligram antioksidan, kira-kira sama jumlahnya seperti yang terdapat di dalam secangkir teh hitam. Temuan baru menunjukkan bahwa bukan hanya jumlah flavonoids yang penting, tapi juga potensi senyawa-senyawa tersebut.

2. Karena adanya senyawa Theobromine
Theobromine adalah senyawa alkaloid bersifat stimultan ringan, yang terdapat dalam cokelat. Theobromine dapat menstimulasi sel saraf kita, sehingga menimbulkan perasaan ‘bersemangat’ dan ‘segar’. Selain sebagai stimultan, Theobromine juga dipercaya memiliki mood elevating effects . Senyawa ini dapat mendorong tubuh mengeluarkan senyawa lain yang dapat menimbulkan perasaan ‘nyaman’ dan secara ringan mengurangi stress. Banyak orang, terutama wanita, yang mengkonsumsi cokelat untuk mendapatkan efek ini. Setelah mengkonsumsi cukup banyak cokelat, mereka akan merasa lebih tenang dan kurang stress dari sebelumnya.

3. Adanya kandungan senyawa Phenylethylamine
Phenylethylamine adalah senyawa sejenis amphetamin yang berfungsi untuk membantu penyerapan triptofan di otak. Proses ini kemudian memicu terbentuknya dopamin yang memberikan sensasi ‘gembira’ dan’ tanpa beban’. Meskipun masih dalam perdebatan apakah jumlah yang terdapat dalam cokelat cukup untuk memberikan efek pada otak (berefek psikoaktif), kemungkinan memang senyawa inilah yang membuat banyak orang ketagihan cokelat.


sumber : http://www.kapanlagi.com/a/0000005626.html

One thought on “Manfaat Coklat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s