Refactor

Baru tau istilah refactor ini dari status ym salah seorang teman. Penasaran dengan istilah refactor akhirnya aq tanya2 ke mbah google dan temanku. Berikut ini hasil pencarian yang kudapat mengenai refactor. :

Teknik Refactoring merupakan antiteori dari proses pengembangan perangkat lunak konvensional yang menekankan bahwa desain merupakan tahap terpenting pengembangan, sebuah desain yang baik akan menghasilkan implementasi program yang baik pula. Refactoring saat ini dianggap sebagai salah satu bentuk extreme programming (XP), suatu paradigma dalam software engineering yang menekankan bahwa menulis kode program yang baik dan elegan jauh lebih efektif dalam pengembangan perangkat lunak dibandingkan menghabiskan waktu dan sumberdaya untuk membuat desain yang detil dan rumit.

Bayangkan diri anda sebagai seorang programer yang telah selesai menulis ribuan baris kode dari sebuah aplikasi yang telah siap dirilis ke konsumen. Tiba-tiba anda mendapatkan ide untuk membuat baris-baris kode tersebut menjadi lebih efektif dengan mengeluarkan beberapa method yang mempunyai fungsi yang sama dari beberapa class dan mengumpulkannya dalam satu class untuk diakses oleh class yang lain. Pikiran pertama yang akan muncul bagi beberapa programer mungkin adalah membiarkan saja kode program itu apa adanya daripada merepotkan diri sendiri untuk merubah kode-kode tersebut dan mengambil resiko terjadinnya error. Apalagi dengan asumsi bahwa tanpa melakukan perubahan apapun dari baris-baris kode tersebut aplikasi tetap berjalan dan berfungsi baik sesuai dengan desain.

sumber : http://118.98.171.131/webs/websites/Ilmu%20Komputer/ilmukomputer.com/2007/06/05/refactoring-teknik-membuat-kode-program-lebih-elegan/index.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s