Hot chocolate

Akhir-akhir ini entah mengapa saya gemar sekali minum hot chocolate…..mungkin karena rasanya yg manis dan membuat badan serta pikiran jadi relax setelah minum hot chocolate. Sebenarnya apa sih khasiat dari minuman hot chocolate? berikut ini hasil rangkuman dari khasiat minuman hot chocolate berdasarkan hasil browsing di dunia maya.

Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.

Dalam perkembangannya coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Selain rasanya enak, coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang. Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950. Dengan menggunakan food frequency questionnaire berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard.

Yang dinamakan cokelat panas (hot chocolate) adalah larutan cokelat bubuk (drinking chocolate) dengan susu atau krim segar dan ditambah gula. Karena itu bahan utama yang paling penting adalah cokelat. Cokelat yang biasa dipakai adalah jenis cokelat bubuk atau cooking chocolate, jenis yang sweet atau bittersweet. Pilihlah cokelat yang berkualitas bagus agar cita rasa cokelat panas lebih enak, kuat aroma dan rasa cokelatnya. Jenis cokelat bermutu bisa diperoleh di pasar swalayan besar seperti merk Van Houten, Dorste atau Lindt.

Hot chocolate ternyata meningkatkan mood dan mencegah peningkatan resiko penyakit jantung. Apalagi, kakao juga mengandung banyak polyfenol yang dapat juga melindungi sel-sel dari aksi radikal bebas. Mengkonsumsi hot chocolate juga bisa merangsang hormon serotonin, yang dapat berpengaruh pada mood seseorang.

Source:
http://bukanisapanjempol.blogspot.com/2010/07/khasiat-coklat-yang-perlu-diketahui.html#ixzz1A8HFHIZl
http://dwipram24.wordpress.com/2010/09/18/minumansehat/
http://www.detikfood.com/read/2010/01/07/111532/1273363/291/menyiapkan-hot-chocolate-enak

One thought on “Hot chocolate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s